Senin, 13 Oktober 2008

Pembangunan Jalan Padas-Gunungsari


Jalan Padas-Gunungsari sepanjang 7.500 meter terletak di Desa Karangmalang, Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi yang melewati areal ladang dan persawahan milik masyarakat. Jalan ini menjadi sarana bagi warga Desa Karangmalang dan Desa Gunungsari untuk menuju ke SMU Padas, SMP 1 Krangjati, Puskesmas, Kantor Kecamatan Padas maupun ke Ibu Kota Kabupaten.
Masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi jalan sebagian besar bermata pencaharian sebagai buruh petani, pedagang dan pegawai Negeri.
Beberapa jenis tanaman yang dibudidayakan oleh petani adalah padi, tebu dan ubi kayu Pendapatan rata-rta masyarakat desa Karangmalang dan Ds. Gunungsari sebesar Rp. 200.000 s/d 350.000,00. setiap bulanya.
Kondisi awal jalan Padas-Gunungsari adalah jalan penetrasi rusak berat karena dilintasi oleh truk galian C dengan tonase yang besar, sehingga kerusakan jalan sering terjadi. Karena tidak adanya angkutan, maka para petani dan pedagang yang akan memasarkan hasil produksinya harus menyewa kendaraan sendiri dengan biaya yang cukup mahal. Demikian pula penduduk yang memerlukan pelayanan public baik itu pemerintahan maupun pelayanan dasar (pendidikan dan kesehatan) seringkali mengalami kesulitan memperoleh angkutan salah satu sarana angkutan adalah ojek dengan tarif Rp. 15.000 s/d Rp. 20.000 menuju ke Ibukota Kecamatan.
Melalui Program P2TPD 2006, jalan ini diperbaiki menjadi Jalan Aspal Penetrasi dengan nilai proyek sebesar Rp 391,760,000.000
Pelaksanaanya dilakukan selama 90 hari kerja yang dilaksnakan oleh CV. PRAJA KARYA ENGINERING
Dengan diperbaikinya jalan ini, diharapkan dapat membuka akses masyarakat ke pelayanan public dan pasar yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar jalan ini.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

news komentar kalau boleh usul kiranya ada perbaikan jalan ngak , untuk sampai ke Gunung sari dan jika itu bisa terwujud saya kira untuk transportasi, bisa lancar soalnya 2009 kemarin saya pulang hanya .sampai Kareman pengaspalanya .dan ngak sampai Desa Gunung sari
mohon ini bisa di usulkan untuk proyek mendatang. karena akses jalan jika musim hujan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua atau mobil. dan banyak Guru-Guru Sekolah Dasar jika musim hujan tiba mereka memilih lewat Pasar padas ke arah Desa Gunung sari .sekian usul saya mohon dipertimbangkan demi kelancaran ekonomi dan juga lalulintas penduduk setempat.